" " INGIN SUKSES..!!!, PRINSIP SEPERTI apa YANG HARUS DIPEGANG WIRAUSAHAWAN | My Farell Arabia Fille
Home » » INGIN SUKSES..!!!, PRINSIP SEPERTI apa YANG HARUS DIPEGANG WIRAUSAHAWAN

INGIN SUKSES..!!!, PRINSIP SEPERTI apa YANG HARUS DIPEGANG WIRAUSAHAWAN

Written By Unknown on Minggu, 11 Februari 2018 | Minggu, Februari 11, 2018

https://membangunekonomidankeuangan.blogspot.com/2018/02/ingin-sukses-prinsip-seperti-apa-yang.html
Yang dimaksud Pengusaha (Wirausahawan) adalah orang yang mampu memanfaatkan sebuah peluang usaha, untuk dijadikan suatu bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan.

Sudah sepantasnya seorang wirausahawan, atau pengusaha memiliki kemampuan dalam mengola dan memanfaatkan sumber dana, sekaligus sumber daya yang dimiliki untuk memaksimalkan bisnis.

Selain itu juga, prinsip yang harus dipegang wirausahawan/ pengusaha dalam menjalankan usahanya yaitu keberanian dalam menanggung resiko, namun bukan berarti mengabaikan resiko dalam berwirausaha.

Berdasarkan penjelasan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian wirusaha adalah orang yang mampu memanfaatkan sumber dana & sumber daya yang ada untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis, sekaligus berani menanggung resiko dari langkah yang diambil. Dan salah satu cara menjadi wirausaha yakni dengan belajar wirausaha dari ahlinya yang telah terkenal lebih dulu dan sudah sukses dalam berwirausaha.

Anda juga tidak harus belajar secara langsung, akan tetapi bisa mempelajari kunci sukses bisnis yang telah dipegang oleh mereka. Dimana hal tersebut bertujuan untuk mencari ide wirausaha, serta membantu anda dalam mencari tahu dan memahami bagaimana karakteristik wirausaha sukses. Ada banyak contoh wirausaha terkenal dari seluruh Dunia yang bisa dijadikan contoh dalam meraih kesuksesan, diantaranya yakni:

1. MARK ZUCKERBERG
Mark Zuckerberg adalah pendiri Facebook, dimana Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbesar saat ini. Sehingga karena kebesaran Facebook, menjadikan Mark Zuckerberg sebagai wirausaha muda terkaya saat dengan total kekayaan mencapai US$ 17,5 miliar.

Miliarder yang berasal dari kota White Plains New York, USA ini menuai sukses sejak usianya masih muda. Kesuksesan Mark Zuckerberg bukanlah tanpa hambatan, dirinya sempat dihadapkan pada pilihan yang sulit antara melanjutkan pendidikan atau melanjutkan proyek bisnis jejaring sosial Facebook. Akhirnya dengan keberanian Mark Zuckerberg memilih melanjutkan binis untuk mengembangkan Facebook bersama rekan-rekannya.

Pilihan Mark Zuckerberg keluar dari Harvard University untuk menjadi pengusaha internet (internet entrepeneur) dan mengembangkan projek Facebook ternyata berhasil, sebab terbukti dari jumlah pengguna Facebook terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan penggunanya kini telah mencapai 1 milliar lebih pengguna aktif.

Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kisah sukses Mark Zuckerberg, diantaranya adalah sukses tanpa pendidikan itu mungkin, namun tentunya harus memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan. Dan kunci sukses dalam berbisnis yang dipegang Mark Zuckerberg adalah keberanian dalam mengambil resiko, hal itu terlihat ketika dia memilih untuk melanjutkan proyek start up Facebook ketimbang melanjutkan kuliahnya.

2. JACK MA.
Jack Ma adalah wirausaha sukses asal negeri Panda, kesuksesannya dalam berbinis bermula dari situs Alibaba. Jack Ma pendiri situs Alibaba atau sebuah perusahaan perdagangan online yang sudah mendunia, dan sahamnya bahkan sudah diperjual belikan di bursa saham New York. 

Alibaba Group berbasis di kampung halaman MA, Hangzhou. Perusahaan ini didirkan pada tahun 1999 oleh MA, dan 17 temannya. Kemudian pada tahun 2014 lalu dari Bursa New York, nilai Alibaba Group menjadi US $ 231,44 miliar, atau jauh diatas Amazon dengan US $ 150 miliar dan eBay dengan US$67 miliar.

Dengan kemampuan bahasa inggris dan gelar sarjana inggris dari Hangzhou Normal University, Jack Ma sukses menjadi dosen di Hangzhou Dianzi University, tetapi karena honor yang diterima sangat kecil, membuat dirinya mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun selalu ditolak.

Dari berbagai penolakan tersebut justru membuat Ma semakin kreatif dan memutar akal untuk mencari cara mendapatkan uang. Kemudian Ma bersama 17 temannya mendirikan Ali Baba.com, dan memulai bisnis jual beli onlinenya. Kesimpulannya, kunci sukses bisnis Jack Ma berawal dari kecintaannya akan bahasa inggris dan kemampuannya dalam melihat peluang usaha.

Demikianlah kesuksesan wirausahawan yang telah dijelaskan penulis, dapat diambil kesimpulan bahwa kunci sukses wirausaha adalah sebagai berikut:

1. Keahlian Dalam Menjalankan Usaha/ Bisnis.
- Secara garis besar ada beberapa keahlian  yang harus dikuasai seseorang wirausaha jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis, ketiga keahlian tersebut adalah Keahlian dalam mengorganisasikan semua faktor produksi, Keahlian yang bersifat teknis, Keahlian dalam memimpin berbagai usaha.

2. Mengembangkan Potensi Bisnis Domestik.
- Kembangkan potensi bisnis dimana tempat Anda berada, jangan hanya terfokus pada ekspor, karena sejatinya jika pasar luar sedang mengalami penurunan, maka bisnis yang Anda jalankan akan mati.

3. Berkomitment Menjadi Orang Sukses.
- Komitmen tinggi terhadap hal yang dilakukan jadi kunci utama dalam meraih kesuksesan. Cita-cita untuk sukses juga akan memberikan  kekuatan, dan bagi orang yang tidak mempunyai impian, pastinya akan berdiam di tempat.
Share this article :

0 komentar:

close

 
Support :
Copyright © 2013. My Farell Arabia Fille - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by blogger .