" " 5 PIMPINAN TERTINGGI TERMISKIN DI DUNIA | My Farell Arabia Fille
Home » » 5 PIMPINAN TERTINGGI TERMISKIN DI DUNIA

5 PIMPINAN TERTINGGI TERMISKIN DI DUNIA

Written By Unknown on Minggu, 11 Februari 2018 | Minggu, Februari 11, 2018

https://membangunekonomidankeuangan.blogspot.com/2018/02/5-pimpinan-tertinggi-termiskin-di-dunia.html
Pimpinan Tertinggi disuatu negara, identik dengan status tertinggi di suatu negara tersebut. Sebab, pimpinan dimaksud memiliki beban besar atas jabatannya terhadap rakyat atau keutuhan negara, dan agamanya. Title jabatan pun kerap diiringi fasilitas mewah, dimana selama ini kekuasaan dan status dinilai dekat dengan kehidupan glamor dan berlebihan.

Oleh karenanya muncul asumsi jika memiliki jabatan tinggi harus sesuai dengan penampilan dalam kehidupan sehari-hari, baik penampilan rumah, kendaraan atau hal lainnya. Bahkan tidak sedikit, pemimpin tertinggi mendapatkan gaji dan tunjangan yang besar dibandingkan dengan jabatan pemerintahan lainnya.

Meskipun demikian, masih ada beberapa orang yang justru memiliki pendapatan rendah dari jabatan tinggi (Sebagai pimpinan tertinggi) yang telah dijabatnya. Dan inilah para pemimpin tertinggi yang dapat dikatakan termiskin di dunia pada masanya, yakni: 

1. Paus Francis (Vatikan)
Paus adalah Kepala Gereja Katolik yang kekuasaannya setara dengan presiden, karena Ia salah satu pemimpin dunia yang berpengaruh besar.

Paus Francis merupakan penguasa mutlak Kota Vatikan atau negara merdeka terkecil di dunia, sekaligus menjabat sebagai kepala Gereja Katolik Roma dan Keuskupan Roma. Paus lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio, dan Dia dibesarkan di Buenos Aires, Argentina.

Setelah Paus Benediktus XVI mengundurkan diri, Bergoglio terpilih sebagai penggantinya. Francis telah dikenal untuk menjadi rendah hati, dan hidup dengan cara yang sederhana serta hemat hidup, adapun pendapatannya 0 $.

Selain itu dirinya juga memilih berdiam di Wisma Domus Sanctae Marthae daripada tinggal di apartemen kepausan Istana Apostolik,  dan pakaian yang dikenakan sangat sederhana tanpa ornamen apapun.

Ia pun sangat menekankan agar seluruh manusia dimuka bumi memiliki kewajiban untuk membantu orang miskin, sekaligus gencar mempromosikan negosiasi perdamaian dan dialog antar agama.

2. Hamid Karzai (Afghanistan) 
Hamid Karzai lahir pada 1957,Ia berasal dari keluarga politik. Ayahnya Hamid Karzai adalah Wakil Ketua Parlemen pada 1960, kakeknya yaitu Wakil Ketua Senat pada 1920, dan pamannya adalah Wakil Afghanistan di PBB di tahun 60 - an.

Hamid Karzai sendiri belajar ilmu politik di Universitas Himachal Pradesh (India), dan dirinya memperoleh gelar master. Sesudah menyelesaikan pendidikan, ia bekerja pada organisasi penggalangan dana di Pakistan untuk membantu partai anti komunis selama Perang Soviet di Afghanistan pada tahun 80-an.

Setelah memimpin para pemimpin mujahidin di Kabul, dan sejak runtuhnya pemerintahan Soviet,  Dia menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Namun Wakil Presiden pada waktu itu Mohammad Fahim menuduhnya memata-matai dan menangkapnya. Berbagai kontroversi terkait gaji Hamid Karzai menjadi pimpinan Afghanistan. Pada tahun 2010, Dia dilaporkan secara resmi menerima US $ 525/ bulan.
3. Jose Mujica (Uruguay). 
Jose Mujica selalu disebut sebagai presiden termiskin di dunia, Presiden Uruguay ini diberi gelar karena kemurahan hatinya yang ekstrim dan apa yang telah digambarkan sebagai gaya hidup yang keras.

Jose Mujica lahir pada tahun 1935. Namun Dia ditangkap karena keterlibatannya dalam kelompok gerilya sayap kiri di Uruguay, Tupamaros. Jose Mujica menghabiskan 14 tahun di penjara dan dibebaskan di bawah amnesti pada tahun 1985.

Mujica terlibat dalam politik sayap kiri dan melanjutkan untuk membuat partai politik sendiri, Gerakan Partisipasi Populer (MPP). Pada pemilihan umum 1994, Ia terpilih sebagai deputi dan lima tahun kemudian dirinya menjadi senator. Pada 2004, MPP telah menjadi partai terbesar di fraksi luas depan.

Lalu pada 2005, Jose Mujica menjadi Menteri Pertanian, dan setahun kemudian menjadi presiden dengan lebih dari 48% suara, sehingga menjadikan dirinya mantan pejuang gerilya pertama yang pernah menjadi presiden. Untuk pendapatannya US $ 12.000, dan mengikuti tradisi Mantan Presiden AS John F. Kennedy serta Presiden Hoover, Jose Mujica untuk beramal menyumbangkan 90% dari gajinya.

4. Robert Mugabe (Zimbabwe). 
Robert Mugabe lahir pada 21 Februari 1924, dan lulus dengan gelar BA dari University of Fort Hare di Zimbabwe. Karir politik Mugabe pada tahun 1960, dimulai di Rhodesia Selatan bergabung dengan NDP (Partai Demokratik Nasional). Tetapi ketika NDP dilarang, Robert Mugabe bergabung dengan National Union Zimbabwe African.

Pada waktu itu ketika Mugabe muncul sebagai pahlawan Afrika, Dia menyerukan rekonsiliasi kepada semua pihak. Dan Ia pun memenangkan pemilihan umum pada 1980, kemudian menerima gelarnya pada hari kemerdekaan Zimbabwe. Di tahun 1990 - an, Ia mereformasi ekonomi. Kendati seperti itu, Robert Mugabe masih menghasilkan gaji yang terhitung rendah dengan pendapatan US $ 20.000, dikabarkan dirinya menambah penghasilan dengan anak yang masih duduk dibangku kuliah dari hasil pertanian.

5. Borut Pahor (Slovenia). 
Perjalanan mantan Perdana Menteri Pahor, karir politiknya diawali di sekolah tinggi. Dia baru berumur 15 tahun ketika menjadi ketua siswa Aliansi Sosialis Pemuda Slovenia, cabang pemuda independen.

Borut Pahor memilih studinya di University of Ljubljiana pada ilmu politik dan kebijakan publik, meskipun dia memberanikan diri terjun ke dunia modeling untuk membantu membayar studinya.

Setelah aliansi pemuda memisahkan diri dari Partainya, Pahor pun terus melanjutkan karir politik. Kemudian dirinya populer pada tahun 80 - an dengan menjadi pendukung terkuat dari sayap reformis dari Partainya. Dia menjadi ketua Majelis Nasional Slovenia pada tahun 2000 - 2004, dan menjadi anggota parlemen Eropa.

Pada tahun 2008 Pahor diangkat sebagai Presiden. Lalu pada tahun 2010, dilaporkan bahwa Presiden Slovenia menyatakan dirinya tidak bisa bertahan hidup hanya dengan gajinya, pada saat itu kisaran mencapai 3000 euro/ bulan. Setelah berkuasa selama 3 tahun , pemerintah Pahor kehilangan mosi kepercayaan ditengah krisis ekonomi, dan ketegangan politik. Namun dia terus sebagai pemimpin sementara, sebelum digantikan oleh Janez Jansa Pada bulan Februari 2012. Adapun  penghasilannya sebanyak US $ 44.280.
Share this article :

0 komentar:

close

 
Support :
Copyright © 2013. My Farell Arabia Fille - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by blogger .