" " SELAIN BITCOIN, TERNYATA NILAI MATA UANG INI PALING TINGGI & MAHAL DI DUNIA | My Farell Arabia Fille
Home » » SELAIN BITCOIN, TERNYATA NILAI MATA UANG INI PALING TINGGI & MAHAL DI DUNIA

SELAIN BITCOIN, TERNYATA NILAI MATA UANG INI PALING TINGGI & MAHAL DI DUNIA

Written By Unknown on Sabtu, 10 Februari 2018 | Sabtu, Februari 10, 2018

https://membangunekonomidankeuangan.blogspot.com/2018/02/selain-bitcoin-ternyata-nilai-mata-uang.html
Mengapa nama mata uang dan nilainya bisa berbeda-beda...?. Bagi yang belum mengetahui, mari kita pahami sedikit penjelasan tentang nama mata uang yang berbeda - beda ini.

Sebagian besar negara-negara di dunia mempunyai nama mata uang, seperti Rupiah milik negara Indonesia, Poundsterling mata uang Inggris, Ringgit nama mata uang Malaysia, Baht milik Thailand dan sebagainya.

‪Sejak dahulu, antar negara satu dengan negara lain saling bekerja sama, termasuk juga kerjasama dalam bidang perkonomian. Kemudian negara yang saling bekerja sama tersebut akan saling berhubungan dengan uang negara lainnya. Tetapi karena nama mata uang lain dan nominalnya berbeda, maka ditempuhlah jalan tengah, yaitu kurs. Kurs sendiri biasa diartikan sebagai Nilai Tukar Mata Uang.

‪Dalam penjelasan artikel ini, nilai mata uang disetiap negara berbeda-beda. Perbedaan tersebut lantaran berbagai macam penyebab, salah satunya yaitu inflasi yang tinggi. Jadi apabila mau menukarnya tidak boleh asal menyamakan nominal saja. Sebab, dua mata uang dengan nominal yang sama belum tentu setara daya belinya terhadap barang. Sebagai contoh yakni membeli barang seharga 1 USD, berarti jika di kurs dalam IDR kita butuh Rp.13.212.00.

Selanjutnya yang dimaksud mata uang tertinggi dalam penjelasan ini bukanlah besar nominalnya, akan tetapi tinggi yang dimaksud adalah mahal atau kuat daya belinya. Dan Negara manakah pemilik mata uang paling mahal itu....?, Berikut daftarnya:

IDR atau mata uang negara Indonesia yang ditampilkan di sini berdasarkan data terbaru pada waktu itu.

1. Dinar ~ Kuwait.
- Nama mata uang negara Kuwait adalah Dinar dengan kode, dan KWD berdasarkan ISO 4217, sedangkan simbolnya adalah د.ك Di negara kecil tapi kaya dari penghasil minyak inilah tempat tinggal ya mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Meskipun kecil, negara ini terkenal sebagai negara kaya berkat pertambangan minyak. Dengan nilai tukar 1 Dinar Kuwait sama dengan 3.32 Dollar Amerika, maka negara ini sukses sebagai pemegang mata uang tertinggi di dunia.

2. Dinar ~ Bahrain.
- Nama mata uang yang resmi beredar di negara Bahrain adalah Dinar. Berdasarkan ISO 4217 kodenya adalah BHD, dan simbolnya dapat ditulis د.ب. Berdasarkan luasnya, Bahrain sebenarnya termasuk negara kecil. Ukurannya kira-kira 2,6 dari kota Washington DC. Secara geografis negara ini terletak di Teluk Persia. Yang membuat negara ini kaya adalah minyak dan pemurniannya, serta jasa keuangan dan konstruksi.

3. Rial ~ Oman.
- ‪Rial adalah nama mata uang resmi untuk negara Oman. Kode ISO 4217 untuk mata uang ini adalah OMR. Dan simbolnya berupa ر.ع. Oman  atau bisa juga disebut secara resmi Negara Kesultanan Oman termasuk negara Arab yang terletak di barat daya Asia di pantai tenggara Semenanjung Arab. Lokasi ini sangat strategis karena terletak di mulut Teluk Persia.

4. Lati (Latvia).
- Lati merupakan nama mata uang resmi untuk negara Latvia. Kode ISO 4217 untuk Lati adalah LVL. Dan simbolnya cukup simpel yaitu Ls. Berdasarkan Yahoo Currency Converter 1 Lat sama dengan 1.61 USD.

5. Pound Sterling (Inggris & Gibraltar Pound).
- Negara Inggris mempunyai nama mata uang resmi bernama Pound Sterling. GBP untuk kode ISOnya dan simbolnya cukup satu karakter saja, yaitu £. Negara kawasan Eropa yang tetap tidak mau kompak menggunakan mata uang Euro ini tetap menggunakan mata uang lamanya (Pound Sterling). Dengan nilainya yang lebih mahal dari pada Euro apakah berarti keputusan negara kerajaan ini sangat tepat..?

6. Dinar (Yordania).
- JOD adalah Kode ISO untuk mata uang yang dimiliki negara Yordania. Namanya mirip dengan mata uang Kuwait dan Bahrain. Negara yang merdeka tahun 1946 ini menempati tangga urutan ke 6.

7. Dollar (Kepulauan Cayman).
- Dengan nama mata uang dan simbolnya yang sama, Dollar dan $, bukan berarti kepulauan ini sama-sama menggunakan dollar milik Amerika. Karena Dollar yang di sana Kode ISO 4217 nya USD, sedangkan yang di sini KYD. Masalah nilainya juga beda, Dollar Kepulauan Cayman sedikit lebih tinggi.

8. Euro (Eurozone).
- Eurozone adalah sebutan untuk negara-negara kawasan benua Eropa yang kompak menggunakan mata uang tunggal bernama Euro. Mata uang yang mulai dikenalkan tahun 1999, dan resmi digunakan tahun 2002 ini memiliki kode ISO 4217 berupa EUR, mata uang ini bersimbol €.

9. Franc (Swiss).
‪- Negara dengan mata uang Kode ISO 4217 CHF ini memang negara makmur. Tahun 2011 saja sukses meraih peringkat negara terkaya di dunia dalam hal per kapita. Franc Swiss simbolnya sama seperti Kode ISO nya.

10. Dollar (Bahama).
‪- Nama mata uang Dollar memang banyak dipakai oleh banyak negara termasuk Bahama. Namun sebenarnya mereka beda-beda, untuk simbol dollar Bahama saja adalah B$, Sedangkan Kode ISO nya BSD. Meskipun beda tapi entah kebetulan atau tidak, setelah dilakukan pengecekan kurs mata uang di Yahoo Currency, antara USD dan BSD tidak jauh selisihnya. Berarti bisa jadi untuk dollar amerika termasuk dalam urutan ke - 10.

Mengapa mata uang negara - negara tersebut dikonversikan ke Dollar Amerika...?. Karena sampai saat ini dollar amerika yang menjadi mata uang internasional (paling banyak dipakai di seluruh dunia), dan paling sering digunakan sebagai pembandingnya dalam kurs selain Euro, HKD.

Demikianlah daftar 10 Nilai Mata uang paling tinggi (mahal) di Dunia. Kalau ada yang paling mahal, tentu ada juga yang sebaliknya atau paling murah. Dan mungkin pula ada uang yang paling aneh, paling bagus dan lain - lainnya.
Share this article :

0 komentar:

close

 
Support :
Copyright © 2013. My Farell Arabia Fille - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by blogger .