" " Razia Polisi Bisa Dihindari Lewat Aplikasi, Benar atau Nggak Ya...? | My Farell Arabia Fille
Home » » Razia Polisi Bisa Dihindari Lewat Aplikasi, Benar atau Nggak Ya...?

Razia Polisi Bisa Dihindari Lewat Aplikasi, Benar atau Nggak Ya...?

Written By Unknown on Sabtu, 24 Februari 2018 | Sabtu, Februari 24, 2018

https://membangunekonomidankeuangan.blogspot.com/2018/02/razia-polisi-bisa-dihindari-lewat.html
Saat diakuisisi oleh Google pada tahun 2013, menimbulkan banyak pertanyaan tentang nasib layanan salah satu fitur milik perusahaan search engine terbesar ini. Dan fitur itu merupakan ciptaan yang dibuat oleh google, fitur tersebut bisa menjadi sangat berguna bagi pengguna dunia maya.

Namun kini layanan yang telah diakuisisi oleh google itu justru terus eksis bersama Google Maps. Layanan apakah yang telah diakuisisi oleh google tersebut, dan mengapa menjadi banyak pertanyaan....?.

Baiklah, jika anda penasaran, jawabannya adalah Waze, dan Waze ini telah diakuisisi oleh google sejak tahun 2013 bahkan mampu bergandengan dengan Google Maps.

Walaupun kehadiran Waze menambah alternatif dan preferensi baru sebagai layanan informasi navigasi, namun hal itu justru menambah pertanyaan baru, aplikasi mana yang terbaik antara Waze vs Google Maps, dan apa perbedaannya...?

Waze vs Google Maps

Disatu sisi, kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbasis navigasi yang sama, jadi keduanya sama-sama terbaik dalam memberikan pelayanan kepada pengguna. Dengan kata lain, Waze dan Google Maps memiliki basis pengguna yang berbeda, dan keduanya juga ternyata memiliki perbedaan yang jelas, apa saja ya.. perbedaannya....?

Makeusof mengatakan, Navigasi dan tampilan Interface ketika Google mengakuisisi Waze pada tahun 2013, menimbulkan banyak pertanyaan tentang nasib layanan serupa milik Google yaitu Google Maps.

Namun kini justru Waze masih terus eksis berdampingan dengan Google Maps. Walaupun kehadiran Waze menambah alternatif dan preferensi baru sebagai layanan informasi navigasi, tetapi hal itu justru menambah pertanyaan baru, apa perbedaan Waze dan Google Maps, dan aplikasi mana yang terbaik dari keduanya...?

Waze vs Google Maps.

Dari semua aplikasi navigasi yang ada saat ini, Google Maps masih menjadi aplikasi yang paling bersih dan profesional. Tampilan yang dimiliki Google Maps sangat minimalis dan sederhana, rute juga mudah diatur dan dinavigasi, bahkan cukup mudah digunakan untuk yang masih baru berselancar di dunia maya.

Oleh karena itu, saya merekomendasikan Google Maps sangat tepat jika digunakan untuk mencari tempat-tempat baru yang belum diketahui.

Selain itu, penggunaan aplikasi pada perangkat Android lama juga masih tergolong baik, walaupun terjadi sedikit Lag jika diakses menggunakan telepon seluler RAM 1 GB seperti moto E dan Galaxy S3 Mini, tetapi hal itu tidak terlalu menimbulkan masalah yang berarti.

Kemudian fitur lain yang menarik dari Google Maps yaitu adanya fasilitas perkiraan rute untuk pejalan kaki, bersepeda, dan transportasi umum.

Berbeda dengan Google Maps yang dibuat untuk dapat digunakan semua orang, justru Waze hadir dengan tidak menggandeng semua pengguna. Waze juga rupanya banyak membuang fitur yang tidak perlu,

Waze juga merupakan aplikasi navigasi, namun kita tidak akan menemukan fitur perkiraan rute untuk pejalan kaki, bersepeda, atau transportasi umum seperti google maps. 

Rute, Alert, dan Pembaruan salah satu keunggulan yang menjadikan Waze tetap eksis adalah fitur laporan lalu lintas yang real time dan update rutenya. Setiap pengguna dapat mengirimkan laporan langsung tentang adanya kecelakaan, zona kontruksi, perbaikan jalan, dan lain - lain.

Berdasarkan informasi ini, Waze akan secara otomatis memperbarui rute anda untuk menghindarinya. Pembaruan Waze juga lebih real time daripada Google Maps, karena Waze menggunakan data pengiriman yang banyak, sementara Google Maps hanya mengotomatisasi berdasarkan data yang dikirimkan pengguna Google Maps aktif, dan itu akan mengalami penundaan data yang dapat dikumpulkan oleh Google.

Google Maps juga tidak sering melakukan re route dan akan menampilkan peringatan apabila kondisi lalu lintas berubah saat terjadi sesuatu, misalnya kemacetan.

Peringatan dimaksud juga tidak akan langsung merubah rute awal dan kita dapat membatalkan pemberitahuan itu. Kenyamanan dan Fitur Spesi adalah salah satu fitur unik dari Google Maps.

Pengguna dapat menambahkan satu atau beberapa 'pit stop' antara lokasi saat ini dan tujuan akhir. Anda juga dapat merencanakan perjalanan sebelumnya dengan menggunakan fitur Depart By dan Arrive At pada aplikasi. Kedua fitur tersebut sangat bagus untuk melakukan perjalanan yang rumit dan panjang.

Fitur unik lainnya termasuk mengubah tampilan, menavigasi bangunan, dan mengirim rute dari PC ke perangkat telepon. Waze rupanya menawarkan lebih banyak daripada itu, termasuk fitur kontroversial yaitu menghindari razia polisi. Pengguna dapat melaporkan lokasi polisi, dan membuat pengguna Waze lain akan menghindari lokasi tersebut.

Pengguna juga bisa melaporkan lokasi kamera atau CCTV di berbagai tempat. Fitur lainnya yang cukup berguna adalah Planned Drives, yang memberitahu kita kapan harus berangkat untuk sampai di tempat tujuan pada waktu tertentu.

Kemudian fitur penting lainnya termasuk integrasi dengan Spotify, peringatan kecepatan saat mengemudi terlalu cepat, rekomendasi untuk tempat parkir di dekat tujuan, dan pom bensin.

Fitur Bisnis Lokal dan Sosial.

Inilah salah satu keunggulan Waze yang jauh mengungguli Google Maps, yaitu fitur sosial. Karena sebagian besar data Waze adalah berasal dari Crow-Sourced, wajar bila setiap pengguna dapat saling menyapa dan bekerja sama.

Sebagai contoh jika anda melihat Wazer lain di peta sekitar tempat anda berada, maka anda dapat mengirimi mereka pesan teks atau chatting. Anda juga bisa menambahkan teman, saling berbagi lokasi dan perkiraan waktu kedatangan saat menuju tujuan sama. Selain itu,  daftar teman juga bisa diimpor melalui Facebook atau kontak yang lain. Bahkan anda juga bisa menggunakan Invisible Mode untuk tampil offline.

Perbedaan terbesar antara Google Maps dan Waze adalah Google Maps tidak memiliki fitur sosial apapun. Google Maps tidak dapat digunakan untuk mengobrol, tidak ada teman, tidak ada scoreboards, dan lain - lain. Tetapi, Google juga memiliki fitur yang tidak dimiliki Waze, yaitu informasi bisnis lokal yang cukup lengkap.

Hasil pencarian Google Maps tentang bisnis lokal lebih akurat dan komprehensif, anda akan mendapatkan informasi yang lengkap seperti penilaian, penjelasan, jam beroperasi, informasi kontak, foto, cara memesan meja dan tempat, dan masih banyak lagi.

Demikianlah penjelasan penulis tentang perbedaan antara Waze dan Google Maps. Jadi menurut anda mana yang terbaik, Waze atau Google Maps...?. Fitur manakah yang paling penting, dan fitur manakah yang tidak perlu...?. Temukan jawabannya....., semua kembali kepada anda...
Share this article :

0 komentar:

close

 
Support :
Copyright © 2013. My Farell Arabia Fille - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by blogger .